Lolie Menghilang…!!


     Sejak Sabtu siang kemaren kami satu rumah di sibuk-kan dengan hilangnya Lolie sang Hamster betina kami yang manis. Kayla yang terutama sangat kehilangan. Sabtu pagi kami sudah berangkat kerumah sakit mata Aini, Kuningan, Jakarta Selatan guna menjenguk Ibu saya yang selesai menjalani operasi katarak di mata sebelah kiri. Sejak pagi kami sudah mempersiapkan apa saja yang harusnya kami lakukan sebelum meninggalkan rumah selama seharian penuh, karena sepulang dari rumah sakit kami juga berencana tak langsung pulang kerumah. Kandang sudah kami bersihkan dan ganti alasnya. Makan dan minum pun sudah kami sediakan, tak lupa sekerat mentimun dan potongan kecil apel sebagai nutrisi hariannya. Mereka sangat menyukai mentimun dan apel, terutama yang dingin.

     Sabtu malam sekitar jam 20.30 WIB kami sudah sampai dirumah lagi. Karena sudah tidak fokus karena ngantuk dan lelah seharian diluar rumah, saya tak begitu mempedulikan hamster lagi. Saya hanya memberinya dua potong biskuit kecil sebagai tambahan kalsium dan karbo lengkap. Lagipula saya pikir mereka berdua sudah pasti sedang tertidur, karena arena bermain (roda putar) tempat mereka membakar lemak tak bekerja.

     Minggu pagi baru kami di hebohkan dengan hilangnya salah satu hamster tersayang kami, hamster paling lucu, hamster paling pintar, hamster paling demplon, Lolie. Saya tersadar ketika melihat Lilo diam tersandar tak bergairah disudut kandang. Roda putar pun tak bergerak. Biskuit yang saya berikan semalampun masih utuh tidak habis seperti biasanya. Saya lihat kedalam ternyata Lolie tak ada…!!. Celaka saya sudah pasrah, dia pasti kabur keluar rumah ketika saya lengah tak menutup pintu kandang dengan rapat semalam dan membiarkan pintu rumah terbuka sejak subuh tadi. Kayla hanya terdiam tak bicara. Terlebih pagi ini kami harus segera berangkat ke Bumi Perkemahan Cibubur untuk mengikuti ujian kenaikan tingkat Kayla yang ikut Taekwondo. Kami makin panik setelah mencari selama setengah jam tapi Lolie tak ketemu. Waktu sudah kritis.

     Ya sudahlah, dengan hati tak tenang dan rasa bersalah pada Kayla kami tetap melanjutkan perjalanan ke Cibubur. Efeknya terasa, Kayla seperti tak bersemangat di ujian kenaikan tingkat. Selalu minta pulang lebih cepat untuk mencari lolie dirumah. Jam 12.30 WIB kami meluncur pulang. Sesampai dirumah semua sudut kami periksa hingga ke kolong almari dan tempat tidur. Hasilnya NIHILLLL….!, Lolie tak ketemu.

     Baiklah, karena frustasi, sedih dan marah, Kayla tertidur juga, tak lupa dia berdo’a minta sama Tuhan agar Lolie dipulangkan  kerumah dan tidak dimakan kucing. Kasihan juga menatap dan mendengar lirih do’a nya. Hingga larut malam, ketika semua sudah tertidur, hanya tinggal saya yang menonton televisi. Karena heningnya malam, pendengaran saya sedikit lebih peka. Saya mendengar suara gemeresek dari salah satu kamar. Saya perhatikan lebih teliti dan suara itu makin jelas. Karena penasaran saya cek setiap sudut kamar, dan pendengaran saya tertuju pada meja belajar Kayla. Tepat di Bawah komputer saya lihat ada penampakan yang sangat saya kenal. Lolie…!!, dia terjebak diantara sudut meja belajar dan CPU komputer rupanya. Aiiiiihhhh….sudah lebih seharian hewan ini bikin heboh dan perang urat syaraf diantara kami. Langsung saya ambil, dan sepertinya dia mengerti, suara cieeet..cieeet mirip tikus terdengar, mirip seperti suaranya ketika dipegang Kayla…Alhamdulillah, hewan ini masih hidup dan tidak dimakan kucing. Jam menunjukkan pukul 00. 43. WIB ketika Lolie ditemukan. Hanya istri yang aku beri tahu malam itu. Hhhhhhh….lega hati kami, karena Kayla tak mau diberikan pengganti.

     Setelah dimasukkan ke kandangpun, Lilo teman sejak kecilnya terlihat mulai bergairah dan menunjukkan sikap yang positif dan lebih agresif, tidak seperti tadi pagi. Syukurlah mereka bisa sekandang lagi, yang pasti besok pagi Kayla akan lebih bersemangat untuk pergi kesekolah. Terima kasih Tuhan, Engkau telah kabulkan permintaan Kayla atas hewan kesangannya yang dia beli sendiri dari tabungan uang jajannya. Alhamdulillah.

Tinggalkan Balasan

