Hari Pertama Untuk Kay…


 

 

     16 Juli 2012 adalah hari pertama Kay masuk Sekolah Dasar.  Moment terindah untuk kami orangtuanya dan juga moment terindah untuk Kay. Untuk itu aku rela untuk mengambil cuti selama lima hari demi mendapatkan moment spesial itu. Betapa bahagianya Kay ketika aku beritahu bahwa hari senin nanti aku yang akan antar dia ke sekolah dan menunggunya sampai pulang sekolah. Sejak minggu sore dia sudah mewanti-wanti aku agar aku tidak lupa untuk mengantarnya ke sekolah besok pagi-pagi, sampai-sampai aku sendiri menjadi jenggah oleh wanti-wantinya itu. Terlihat semangat mengebu dimatanya.

     Sebelum tidur Kay menjadi satu-satunya orang yang paling sibuk dengan persiapan demi hari pertamanya. Tas sekolahnya bolak-balik dibuka hanya untuk memastikan bahwa buku-buku dan peralatan tulis yang harus dibawa telah masuk semuanya ke dalam tas warna jingga dengan gambar pingguin itu. Hal itu juga yang pada akhirnya membuat risih Ryan, kakaknya. Kay juga sedikit cerewet untuk bekal yang akan dibawa besok. Roti panggang isi sosis. Dia minta dibawakan dua. Itu juga yang membuatnya bolak-balik membuka tutup kulkas hanya demi memastikan bahwa roti dan sosisnya sudah siap dipanggang besok pagi sebelum berangkat ke sekolah. Ryan makin tak nyaman.

     Pukul 06.17 tepat aku, Istriku, Ryan dan Kay sudah sampai sekolah. Untuk jaman aku sekolah dasar dulu, jam segitu masih terlalu pagi untuk sudah berada di sekolah, namun kini jam segitu sudah merupakan kemutlakan untu tidak terlambat datang kesekolah. Ryan masuk ke dalam kelas tanpa mau diantar. Baginya yang kini sudah berada di kelas VI, jika masih diantar orangtua ke kelas merupakan sebuah aib yang memalukan. Olok-olok dari teman-teman bisa sangat menyakitkan dan membuat rendah diri untuk anak-anak seusianya. Terserahlah, yang pasti papa dan mama bangga bahwa Ryan sudah memiliki “rasa” itu.

     Kay harus rela pada hari pertama duduk di kursi urutan no 3 dari 4 kursi yang menjajar dari depan kebelakang. Tak mengapa katanya, meski aku tahu ada rasa kecewa baginya jika tak bisa duduk di depan. Tapi baginya duduk dimanapun tak jadi masalah, yang pasti dia telah siap menerima ilmu baru didunianya yang baru.

Kay 1

     Masih terlihat jetlag setelah liburan panjang. Belum ada yang bisa membuatnya semangat pada menit-menit pertama perkenalan siswa dan guru. Pelajaran masih mencakup permainan dan sosialisasi antar siswa. Menyanyi, meneriakkan yel-yel sekolah, menulis dan menggambar. Setelah istirahat Kay juga masih terlihat kurang semangat, Kemana semangatmu yang semalam Nak,…?. Matanya seketika berbinar-binar ketika sang guru menantang muridnya untuk maju kedepan kelas sambil meneriakkan yel-yel sekolah. (Semangat, Visioner, Disiplin, Bertanggungjawab, Adil dan Bekerjasama adalah yel-yel yang harus diucapkan dengan penuh semangat dan disertai gerakan tubuh untuk menggambarkan hal dimaksud). Siapa yang berani dan hafal ayo silahkan maju….!. Tanpa disangka Kay mengacungkan tangannya. Lancar dan semangat sekali dia meneriakkan yel-yel di depan kelas, Alhamdulillah semangat itu masih menyala. Matanya semakin berbinar ketika sang guru memberikan sebuah pin atas keberaniannya maju kedepan kelas. Kay dapat hadiah…!!.

     Sejak saat itu hingga hari ketiga sebelum liburan menjelang puasa, Kay telah mengumpulkan 3 pin melalui semangatnya. Aku berharap, selain Ryan yang telah menbuatku bangga, aku berharap pula bahwa Kay bisa memberikan kami hal-hal baru yang menakjubkan. Insya Allah…..

Pin (bros) yang dikumpulkan Kayla selama 3 hari.

Teringat kidung lelo-lelo ledhung : “…..wujudke asma ne wong tuo, yen dadi pendekare bongso….”

Iklan

2 comments on “Hari Pertama Untuk Kay…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s